Sunday, January 17, 2016

8:22 AM
Halo kawan-kawan yang luar biasa, kita bertemu lagi :D, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Masukan / Keluaran dalam Sistem Komputer, mungkin teman-teman semua lebih akrab dengan sebutan Input / Output. Tetapi untuk saat ini saya akan gunakan Masukan / Keluaran saja ya :D. Bila kita bicara soal Masukan / Keluaran dalam Sistem Komputer mungkin teman-teman akan terbayang keyboard, mouse, layar monitor atau Speaker. Contoh-contoh tadi memang merupakan beberapa alat Masukan / Keluaran komputer, nah sekarang yuk mari kita bahas pengertian dari Perangkat Masukan / Keluaran dalam sistem komputer, supaya kita lebih memahami lagi secara teorinya :D. 



Perangkat masukan / keluaran dipergunakan sistem komputer untuk berinteraksi dengan lingkungan luar, baik ke lingkungan pemakai ataupun lingkungan secara umum.
Perangkat masukan / keluaran terdiri dari 2 bagian, yaitu :

  • Komponen mekanis, yaitu perangkat itu sendiri.
  • Komponen elektronis, yaitu pengendali perangkat berupa chip controller.
Perangkat masukan / keluaran adalah perangkat nyata yang dikendalikan perangkat elektronis chip contoller di board sistem. Controller dihubungkan dengan pemroses dan komponen-komponen lain lewat bus. Controller berbeda-beda mekanismenya. Contoller mempunyai register-register untuk memerintahkan atau mengendalikannya, serta untuk mengetahui status. Control register digunakan untuk maksud pengendalian perangkat masukan / keluaran. Status register berisi status yang mendeskripsikan kode kesalahan dari kerja perangkat masukan / keluaran.

Register-register itu akan diacu sebagai port-port. Masing-masing register dialamati sebagai port tertentu. Masing-masing controller menjadi dapat dialamati secara unik / individu oleh pemroses agar perangkat lunak device driver di sistem operasi dapat menulis ke register-register perangkat masukan / keluaran dan dengan demikian device driver mengendalikan perangkat masukan . keluaran. Identifikasi controller berdasarkan port-port yang mengacu ke register-register yang dimiliki controller.

Terhadap perangkat masukan / keluaran, sistem operasi lebih berkepentingan dengan pengendali dibanding dengan mekanisme fisik mekanisnya.

Controller juga disebut device adapter (pengendali). Umumnya satu device adapter dapat menangangi dua sampai dengan delapan perangkat masukan / keluaran yang identik sekaligus. Antarmuka perangkat masukan / keluaran biasanya mengikuti standar tertentu, baik standar resmi badan standar seperti ANSI, IEEE, ISO, CCITT, EIA, atau standar de-facto sperti RS 232.
Demikian pembahasan kita tentang Masukan / Keluaran kali ini kawan-kawan, sekarang kita dapat memahami kinerja Masukan / Keluaran dalam Sistem Komputer, dan mungkin kita bisa memaksimalkan kinerjanya di Sistem Komputer. Sampai ketemu di artikel selanjutnya kawan-kawan :)


Referensi
Dr.Bambang Hariyanto “Sistem Operasi Revisi Kelima”

0 comments :

Post a Comment