Tuesday, January 19, 2016

9:41 AM


Halo kawan-kawanku yang luar biasa, selamat malam kita berjumpa lagi di artikel ini :D, kalo sebelumnya kita membahas tentang COBIT

Nah sekarang kita akan membahas mengenai ITIL yang mungkin sering teman-teman dengar juga, tapi karena mungkin akan cukup panjang maka saya akan membagi kedalam beberapa bagian ya :D..nah kawan-kawan yuk mari kita bahas bersama mengenai ITIL



ITIL merupakan singkatan dari Information Technology Infrastructure Library yangmerupakan seperangkat konsep dan praktik dalam mengelola layanan pengembangan dan operasi TI. ITIL memberi rincian seumlah praktek TI dan menyediakan daftar kotugas dan prosedur yang di dalamnya setiap oraganisasi / instansi dapat menesuaikan dengan kebutuhannya. Nama ITIL adalah merek dagang terdaftar milik United Kingdong’s Office of Government Commerce (OGC).

Pada awalnya, ITIL merupakan koleksi buku yang masing-masing meliputi praktik tertentu dalam manajemen jasa TI. ITIL dibangun dengan menggunakan sudut pandang proses pengendalian dan pengelolaan operasi. Perspektif ini dikenal dengan Siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA) yang merupakan karya W. Edwards Deming, pada awal tahun 1989, jumlah buku ITIL v1 terbit lebih dari 30 jilid.

Pada tahun 2000/2001, untuk membuat ITIL lebih mudah diakses dan dijangkau, ITIL v2 mengkonsolidasi publikasinya menjadi 8 logis “set” yang dikelompokkan ke dalam pedoman proses terkait untuk mencocokkan berbagai aspek yang berbeda dari manajemen TI, aplikasi dan layanan. Namun fokus utama tetap pada Layanan Dukungan dan Layanan Pengiriman (Service Management).
Buku ITIL v2 terdiri dari beberapa disiplin yaitu :

  • IT Service Management (dukungan layanan dan publik), yaitu disiplin dukungan layanan berfokus pada pengguna layanan ICT dan terutama yang berkaitan dengan memastikan bahwa pengguna memiliki akses ke layanan yang tepat untuk mendukung fungsi bisnis. Dalam disiplin ini rantai proses terdiri atas incident management, problem management, change management, release management, configuration management. Rantai proses ini dilacak menggunakan Configuration Management Database (CMDB) yang mencatat setiap proses dan menciptakan dokumen-dokumen output untuk ditelusuri (quality management).
  • Bimbingan Operasional (infrastruktur manajemen ICT, manajemen keamanan, sudut pandang bisnis, aplikasi manajemen dan software asset management), dimana berfokus pada layanan proaktif ICT dalam memberi dukunan yang memadai bagi pengguna bisnis. Disiplin ini berfokus pada bisnis sebagai pelanggan dari layanan ICT. Disiplin layanan publik terdiri dari service level management, manajemen kapasitas,manajemen kontinuitas layanan TI, manajemen sediaan dan manajemen keuangan.
  • Pedoman implementasi ITIL (planning to implement service management), dimana berfokus pada kerangka kerja untuk penyelarasan kebutuhan bisnis dan TI. Proses dan pendekatan yang digunakan dalam disiplin ini menyarankan pengembangan Continuos Service Improvement Program (CSIP) sebagai dasar untuk menerapkan disiplin ITIL dalam proyek-proyek kerja yang terkendali. Disiplin berfokus pada proses manajemen layanan. Komponen dari disiplin ini meliputi : penciptaan Visi, analisis Organisasi, penetapan tujuan dan pelaksanaan pengelolaan layanan TI.
  • Pedoman bagi unit kecil TI (implementasi ITIL untuk skala kecil), dimana disiplin ini menyediakan pendekatan kerangka implementasi ITIL bagi unit kecil TI atau departemen TI. Disiplin ini mirip dengan pedoman umum seperti Planning to Implement Service Management, Service Support and Service Delivery tetapi menyediakan pedoman tambahan tentan kombinasi peran dan tanggung jawab dan menghindari konflik antarprioritas ITIL.


Nah teman-teman tadi sedikit penjelasan mengenai ITIL :D mudah-mudahan membantu kawan-kawan semua ya, saya akan membahas ITIL di artikel berikutnya, bila teman-teman mempunyai komentar atau masukan silahkan kawan-kawan :)

Referensi
Prof.Jogiyanto HM,PhD.,MBA,Akt. “Sistem Tatakelola Teknologi Informasi ,  2011”

0 comments :

Post a Comment