Friday, January 8, 2016

9:55 AM

Enterprise Resource Planning merupakan salah satu aplikasi berbasis komputer yang menggunakan bentuk sistem informasi yang kompleks dan terintegrasi. Sebuah ERP memuat beberapa modul, di mana setiap modul mempunyai fungsinya masing-masing tetapi tetap terintegrasi satu-sama lain.
Beberapa modul utama dalam ERP yaitu

  • General Ledger, yaitu dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai buku besar dimana modul General Ledger memiliki fungsi seperti transaksi jurnal pada setiap transaksi yang terjadi, pencatatan no akun, dan mencetak laporan-laporan utama seperti laporan Laba Rugi, Neraca atau Buku Besar.

  • Inventory, atau stok barang dimana dalam modul Inventory berisi fungsi-fungsi untuk pengelolaan barang dagang seperti fungsi penerimaan barang, pengeluaran barang, stock opname, gudang, serta laporan-laporan seperti kartu stok  dan persediaan barang pada setiap gudang.

  • Cash Management, atau management uang kas adalah modul yang berisi fungsi-fungsi untuk pengelolaan uang keluar dan masuk pada perusahaan, seperti pembelian persediaan operasional kantor, ataupun penggantian uang karyawan.

  • Sales, atau modul penjualan merupakan modul berisi fungsi-fungsi proses bisnis untuk penjualan barang atau jasa perusahaan pengguna ERP dimulai dari fungsi sales quatation, sales order, delivery hingga invoice dan juga modul payment untuk menyimpan data pembayaran pelanggan. Modul Sales juga memiliki laporan-laporan seperti laporan penjualan dan laporan penjualan per sales.

  • Purchasing, atau modul Pembelian dimana merupakan modul berisi fungsi-fungsi untuk membeli barang atau jasa dari Vendor untuk dijual kembali atau diolah oleh perusahaan. Modul Purchasing biasanya berisi fungsi Purchase Order,Purchase Receipt dan payment untuk pembayarannya.

  • Human Resource, atau modul karyawan yang berisi fungsi seperti hak akses pengguna ataupun data karyawan pengguna aplikasi ERP, sebenarnya Human Resource biasanya memiliki aplikasi terpisah dari ERP karena merupakan bagian yang kompleks.

Ilustrasi Modul ERP


Selain beberapa modul diatas juga ada beberapa modul lain seperti Manufaktur dan Fixed Asset dan beberapa modul lain yang mungkin akan saya bahas lain kali ya kawan-kawan :D, tetapi kenapa perusahaan-perusahaan sampai rela menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk implementasi ERP, tentu untuk mempermudah para pengambil keputusan, agar keputusan bisa diambil secara cepat dan akurat.

Perlombaan aplikasi ERP sangat marak hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya perusahaan besar dan terkenal penghasil aplikasi ERP yaitu SAP dengan berbagai macam aplikasi ERPnya untuk perusahaan besar hingga perusahaan kecil, Microsoft yang ikut serta dengan Axapta dan Navision, serta Epicor yang merupakan jawara Asia untuk bidang manufaktur, Indonesia pun tidak mau kalah dengan produk lokalnya seperti Accurate (itu yang paling saya kenal :D) dan juga beberapa perusahaan lokal yang membuat solusi ERP.

Sudah tentu ERP merupakan bahasan yang menarik ya kawan-kawan, saya sendiri sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan implementasi solusi ERP, sulitnya implementasi ERP terbayar dengan menariknya ERP tersebut, sekian pembahasan tentang ERP ini kawan-kawan, saya berencana untuk menulis ERP ini lebih dalam lagi tunggu ya :D, semoga bermanfaat ya, bila ada kritik atau masukan, saya persilahkan  :D

0 comments :

Post a Comment