Wednesday, January 6, 2016

8:38 AM
Halo kawan-kawan yang luar biasa, apa kabarmu hari ini? :D, saya harap saudara-saudara yang luar biasa bisa menikmati hari indah saudara-saudara, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Sistem Informasi yang dimana menurut saya adalah hal yang sangat menarik selain karena saya kuliah pada jurusan tersebut, tetapi menurut saya sistem informasi berguna untuk anda yang bergelut dalam bidang apapun.. yuk mari kita simak dulu pengertian informasi dari beberapa tokoh.

Wijaya(1:2012) dalam bukunya Esensi dan penerapan ERP dalam bisnis mengatakan, Sistem Informasi meupakan suatu komponen yang terdiri dari manusia, teknologi informasi dan prosedur kerja yang memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk menjapai suatu tujuan. Sistem infromasi memiliki berbagai kemampuan, seperti antara lain untuk

  • Melakukan komputasi numerik yang bervolume besar dengan kecepatan tinggi.
  • Menyediakan komunikasi dalam suatu organisasi yang murah dan cepat.
  • Menyimpan informasi dalam jumlah besar tetapi mudah diakses.
  • Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak di seluruh dunia dengan cepat dan murah.
  • Meningkatkan efektifitas dan efesiensi pekerjaan dalam suatu kelompok kerja (unit bisnis).
  • Menyajikan suatu informasi dengan informatif, akurat, terkini dan sesuai kebutuhan manajemen yang dapat menggugah pikiran manusia untuk pengambilan keputusan strategis mengotomatisasikan proses bisnis yang semi otomatis dan tugas yang dikerjakan secara manual.

Sedangkan Kadir(2013:8) dalam bukunya Pengenalan Sistem Informasi edisi revisi mengatakan bahwa Sistem informasi mencakup sejumlah komponen(manusia, komputer, teknologi informasi dan prosedur kerja), ada sesuatu yang diproses (data menadi informasi), dan dimaksudkan untuk mencapi suatu sasaran atau tujuan). Istilah sistem informasi juga sering dikacaukan dengan sistem informasi manajemen (SIM). Kedual hal ini sebenarnya tidak sama. Sistem informasi Manajemen merupakan salah satu jenis sistem informasi, yang secara khusus ditunjukan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen dan untuk mengambil keputusan. 

Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi merupakan komponen yang terdiri dari manusia, teknologi informasi dan prosedur kerja yang berkolaborasi untuk mencapai tujuan dari organisasi tempat komponen-komponen itu berada. 

Sekian mengenai artikel ini kawan-kawan, bila kawan-kawan memiliki masukan atau komentar silahkan :D

0 comments :

Post a Comment