Thursday, January 7, 2016

8:26 AM
Salam semangat sobat-sobat pembaca :D, kali ini saya akan membahas sedikit tentang e-commerce, hanya sebatas teori tetapi mudah-mudahan yang saya bahas ini akan bermanfaat bagi semuanya. Pertama yuk mari kita simak dulu pendapat para tokoh tentang pengertian dari e-commerce itu sendiri.

Kim dan Moon pada tahun 1998 menyatakan bahwa e-commerce adalah proses untuk mengantarkan informasi, produk, layanan, dan proses pembayaran, melalui kabel telepon, koneksi internet, dan akses digital lainnya.

Baorakis, Kourgiantakis dan Migladas pada tahun 2002 menyatakan bahwa e-commerce merupakan bentuk perdaganyan barang dan informasi melalui jaringan internet.
Quayle di tahun 2002 menyatakan e-commerce sebagai berbagi bentuk pertukaran data elektronik (Elektronik Data Interchange/EDI) yang melibatkan penjual dan pembeli melalui perangkat mobile, e-mail,perangkat terhubung mobile, di dalam jaringan internet dan intranet.

Chaffey di tahun 2007 menyatakan e-commerce sebagai bentuk proses pertukaran informasi antara organisasi dan stakeholder berbasiskan media elektronik yang terhubung ke jaringan internet.



E-commerce sendiri memiliki alur yang melibatkan penjual, pembeli, teknologi pendukung dan koneksi internet, dan dalam perkembangannya e-commerce tidak lepas dari adanya faktor-faktor pendukung seperti berikut ini :


  • Perkembangan Teknologi Informasi terutama internet yang makin mudah dan murah untuk dijangkau.
  • Perkembangan perangkat keras komputer dari komputer desktop hingga smartphone untuk terhubung ke internet secara otomatis.
  • Perkembangan software yang memudahkan pengguna dalam menggunakan internet termasuk e-commerce.
  • Perkembangan jarinan komputer yang semakin meluas dan handal terutama dalam keamanan jaringan komputer.
  • Gaya gaya hidup masyarakat yang ingin makin dimudahkan, termasuk dalam hal berbelanja sehingga belanja online merupakan salah satu pilihan terbaik.
  • Dukungan dari pihak lain dalam mendukung e-commerce seperti contoh Bank yang memberikan diskon bila berbelanja secara online.
Demikian pembahasan kita kali ini mengenai e-commerce kawan-kawan mungkin bisa menjadi referensi kita yang ingin mengetahui/mempunyai skripsi tentang e-commerce, semoga bermafaat kawan-kawan sampai bertemu di pembahasan e-commerce selanjutnya. :D

0 comments :

Post a Comment