Wednesday, January 27, 2016

8:45 AM
1
Halo kawan-kawan yang luar biasa :D, kita bertemu lagi, kali ini saya akan kembali membahas tentang data warehouse, yang mungkin telah teman-teman baca sebelumnya, bagi yang belum membacanya bisa membacanya disini


atau bila teman-teman ingin mengetahui kegunaan data warehouse bisa membacanya disini


Nah setelah mengenal dan mengetahui kegunaannya yuk sekarang mari kita lihat struktur dari Data Warehouse yaitu sebagai berikut.



Struktur Data Warehouse


  • Current Detail Data, dimana merupakan level terendah dalam struktur data warehouse. Current detail data menggambarkan data detail yang aktif pada saat ini dan keadaan yang sedang beralan. Data jenis ini memerlukan media penyimpanan yang besar dan merupakan data yang sering diakses. Current detail data ini cepat diakses, tetapi mahal dan kompleks dalam pemeliharaanya.
  • Older Detail Data, dimana merupakan data back-up (cadangan) yang jarang diakses. Data back-up seperti ini biasanya disimpan pada media penyimpanan yang berbeda. Penyusunan direktori dilakukan berdasarkan urutan umur data, sehingga data dapat tersusun rapi dan mempermudah dalam melakukan akses selanjutnya.
  • Lightly Summarized Data, dimana merupakan data ringkasan dari current detail data. Di dalam tahap ini,data belum dapat digunakan untuk pengambilan keputusan karena data masih belum bersifat total summary, yang artinya data masih bersifat detail. Akses terhadap data jenis ini biasanya digunakan untuk memantau kondisi yang sedang dan sudah berjalan.
  • Highly Summarized Data, dimana merupakan data yang bersifat total summary. Pada level ini, data sangat mudah diakses, terutama untuk melakukan analisis perbandingan data berdasarkan urutan waktu dan analisis menggunakan data multidimensi. Data multidimesi adalah suatu teknologi software komputer yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dalam query data sehingga menjadi media penyimpanan yang lebih baik, serta memudahkan pengambilan data dalam volume besar.
  • Metadata, dimana merupakan gambaran tentang struktur, isi, kunci, indeks dari data. Metadata dapat dikelompokkan ke dalam :
    • Technical metadata, yang berisi informasi mengenai data warehouse yang digunakan oleh administrator dan perancang data warehouse ketika melakukan pengembangan data warehouse dan tugas-tugas manajemen.
    •  Bussiness metadata, yang berisi informasi yang memberikan user suatu perspektif yang mudah dimengerti dari informasi yang tersimpan dalam data warehouse.
    • Data Warehouse operational information, seperti data history (snapshots,versions), ownership, menelusuri jejak audit, penggunaan data.
Sekian pembahasan kita kali ini tentang struktur data warehouse yang telah saya ambil dari beberapa sumber ini kawan-kawan. Mudah-mudahan berguna bagi kita semua, bila teman-teman mempunyai komentar atau masukan silahkan, sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya kawan-kawan :D

Referensi
Indrajani, S.Kom., MM. "Database System Case Studies all in one,2014"
http://fitrianijanius.blogspot.co.id/2011/08/membangun-data-warehouse.html

    1 comments :

    1. artikel yang sangat bermanfaat dan membantu sekali..
      lihat artikel menarik lainnya dengan mengunjungi :
      Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

      ReplyDelete