Friday, January 15, 2016

11:22 PM
1
Halo kawan-kawan yang luar biasa kita bertemu lagi di kesempatan ini :D, pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas tentang Sistem Operasi, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Sistem Komputer, yuk kita bahas, mungkin kali ini saya hanya akan membahas lapisan luar saja, tetapi nanti saya akan membahas lebih dalam lagi ya di lain kesempatan :D.

Sistem komputer terdiri dari 4 komponen yang saling bekerja sama dan berhubungan untuk mecapai komputasi dimana 4 komponen itu adalah


  • Pemroses, yang berfungsi untuk melakukan pengolahan data pengendalian operasi komputer
  • Memori Utama, yang berfungsi menyimpan data dan program. Program harus disimpan dalam memori utama sebelum dieksekusi. Data harus disimpan di memori utama sebelum dimanipulasi oleh pemroses. Memori utama biasanya tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan apabila sumber daya listrik dihentikan. Tetapi saat ini komputer mengikuti konsep program tersimpan dari Von Neumann, dimana program disimpan di memori, kemudian instruksi-instruksi diambil untuk dieksekusi. Sasaran yang akan dicapai komputer sesuai atau bergantung pada program yang disimpan untuk dieksekusi. Dengan cara ini, maksud tujuan penggunaan komputer dapat disesuaikan hanya dengan mengganti program yang disimpan di memori untuk dieksekusi. Konsep ini menghasilkan fleksibilitas kegunaan komputer yang sangat luar biasa.
  • Perangkat Masukan dan Keluaran, dimana perangkat-perangkat Masukan dan keluaran berfungsi menghubungkan komputer dengan lingkungan luar, sehingga komputer dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungannya. Dengan cara ini komputer memberi manfaat pada pengguna.
  • Interkoneksi Antarkomponen, adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen(pemroses, memori utama, perangkat masukan/keluaran). Secara fisik interkoneksi antarkomponen berupa perkawatan logam atau cara fisik lainnya. Komponen interkoneksi sesungguhnya tidak hanya perkawatan tapi juga tata cara atau aturan komunikasi di antara elemen-elemen terhubung yang berkomunikasi agar tidak kacau sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

nah kawan-kawan penjelasan dari gambar diatas adalah sebagai berikut :
Bus data bersifat 2 arah dimana data dapat disimpan dan diambil kembali dari memori utama, atau dikrim dan diambil dari Port-port Perangkat masukan dan keluaran. Bus kendali juga bersifat 2 arah, bus kendali digunakan untuk persinyalan yang mengatur komunikasi antara pemroses dengan memori utama dan alat masukan/keluaran. Bus alamat bersifat 1 arah, yakni alamat memori akan dikrim ke memori utama untuk menyatakan alamat memori yang dikehendaki pemroses untuk diambil atau sebagai lokasi penyimpanan saat penulisan. Demikian juga, pemroses mengirim alamat port yang hendak diambil datanya atau dikirimi data. Port-port masukan/keluaran mewakili perangkat sesungguhnya dalam berhubungan dengan pemroses. Setiap perangkat keras mempunyai beberapa nomor port yang digunakan sebagai perantara untuk berhubungan dengan pemroses.

Demikian pembahasan kita tentang Skema Dasar Sistem komputer ini kawan-kawan, yang dimana seharusnya kita ketahui lebih dahulu sebelum mempelajari sistem operasi. Bila teman-teman ingin membahas atau terdapat pertanyaan dan komentar silahkan, jangan ragu2 ya :D, nanti kedepannya saya akan membahas lebih dalam lagi setiap komponen di sistem komputer. Sampai bertemu lagi kawan-kawan yang luar biasa.

Referensi
Dr.Bambang Hariyanto "Sistem Operasi Revisi Kelima"

1 comments :